Berita Terbaru

Jika Anda Berkunjung Ke Kluet Raya, Jangan Lupa Untuk Singah Ke Tempat Ini

Kluet Raya News - Aceh Selatan, kabupaten bertabur potensi wisata. Tak berlebihan kiranya kata tersebut disematkan, mengingat kabupaten pengghasil pala itu memliki pesona alam yang memikat, ditambah lagi khasanah budaya yang memiliki nilai historis yang sangat kental membuat Aceh Selatan terlihat semakin komplit.
Salah satunya Tapak Aulia, Tuan Tapa yang terletak di kaki gunung lampu, Kecamatan Tapaktuan. Bergeser dari pusat ibu kota Kabupaten yang terkenal dengan julukan kota pala tersebut, dibeberapa Kecamatan lainnya juga menyimpan objek wisata dan tempat bersejarah yang bisa dijadikan destinasi wisata.

Berikut Aceh Selatan News merangkul objek wisata yang mungkin bisa anda kunjungi di Kecamatan Kluet Selatan, Kluet Tengah, Kluet Utara dan Kluet Timur. Tempat-tempat objek wisata yang ada di Kecamatan tersebut, seperti:
Jamboe TekaObjek wisata ini ada di Kecamatan Kluet Tengah, Jamboe Teka sendiri juga berfungsi sebagai pelabuhan alat transportasi air warga setempat. Kecamatan ini juga memiliki objek wisata di hulu Sungai Kluet, seperti Simpali dan masih banyak lagi tempat di hulu Sungai tersebut.
Rumah RungkoRumah Rungko adalah rumah adat suku Kluet yang didirikan oleh Raja Menggamat, Imam Hasbiyallah Muhammad Teuku Nyak Kuto yang merupakan keturunan pejuang Kluet, Teuku Imam Sabil. bertempat di Kemukiman Menggamat.

Irigasi Take Dep
Irigasi ini mengairi seluruh persawahan Kluet Utara. Objek  ini terletak di gampong Gunung Pudung, Kecamatan Kluet Utara.
Ujung Delong
Ujung Delong sebutan dari warga Kluet, tempat wisata tersebut juga mengandalkan irigasi. Objek wisata itu sendiri ada di gampong Paya Dapur, Kecamatan Kluet Timur.
Makam Rajo Lelo
Makan panglimo Rajo Lelo berada di gampong Sapik, Kecamatan Kluet Timur. Cerita Panglimo Rajo Lelo mungkin sebagian besar sudah pernah membacanya di situs-situs sejarah. Foto BUPATI Aceh Selatan HT Sama Indra SH dan Wakil Bupati Kamarsyah SSos didampingi pejabat Forkopimda menziarahiMakam Pahlawan Raja Lelo di Raja Lelo di Kluet Timur.
Makan T Cut Ali
Berlokasi di Gampong Suak Bakong Kecamatan Kluet Selatan, tepat di pinggir lintasan sungai Kluet menuju muara laut kandang. Foto Pejabat Pemkab Aceh Selatan, ziarahi makam pahlawan Teuku Cut Ali di Suaq Bakong, Kluet Selatan pada peringatan HUT RI ke 70.
Tapak Aulia
Terletak di Gampong Tapak Aulia, Kecamatan Kluet Timur. Merupakan situs sejarah yang menurut masyarakat setempat pernah dilintasi sosok orang yang sangat besar sehingga meninggalkan jejak berupa tapak berukuran besar kini di lokasi tersebut terdapat sebuah pondok kecil di tengah sawah dan kaki bukit dengan kisah yang melekat bersamanya.
Kuala TuhaBelum banyak yang tahu tentang keindahan yang ditwarkan alam sudut Kluet Selatan tersebut, di samping alam yang asri terdapat banyak potensi dan kekayaan alam.
Mesjid Pulo KambingSeperti namanya mesjid ini terletak di gampong pulo kambing, kecamatan Kluet Utara, dan merupakan mesjid tertua di Aceh Selatan. hal yang unik dari mesjid ini salah satu tiangnya mengeluarkan air.Itulah tempat-tempat objek wisata yang ada di Kluet, namun sayang tempat wisata di daerah tersebut belum di kelola dengan baik. (Wahdi)

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Jika Anda Berkunjung Ke Kluet Raya, Jangan Lupa Untuk Singah Ke Tempat Ini"

teuku ilham said...

Adun jeut lakee tulong kirem Biografi Maulana Jaelani Musa, pendiri dayah tarekat di Darussadah. nyoe nyo gmail lon teukuilham2@gmail.com

zulfiana wahdi said...

Hana Beografi gobnyan bak loen pak. myoe na ku kirem teuma.