Berita Terbaru

Masjid Tuo Pulo Kambing Tertua Di Aceh Selatan

Masjid Tuo Pulo Kambing terletak di Desa Pulo Kambing Kecamatan Kluet Utara Aceh Selatan. Masjid Tuo Pulo Kambing umurnya sekarang berkisar sekitar 9 abad lebih. 
Tepatnya masjid ini dibangun pada tanggal 8 agustus 1351 Masehi oleh seorang Ulama yang bernama Syeh Muhammad Husen Al Fanjuri bin Muhammad Alfajri Kautsar yang merupakan murid dari seorang Ulama sufi yang datang dari Persia.
Masjid Tuo ini mempunyai tiang-tiang yang berukir kaligrafi Arab dan tulisan tersebut menceritakan riwayat berdirinya kerajaan-kerajaan Islam dahulu di Aceh.
Uniknya masjid ini mempunyai kemiripan dengan masjid yang pertama dibangun oleh Wali Songo di Jawa. Tiang pertama masjid ini kayunnya diangkut sendirian dari hutan Ruak oleh salah seorang murid Syeh Muhammad Husen Al Fanjari yang bernama Syeh Mutawali Alfanshuri dengan tangan kosong pada tanggal 5 agustus 1351 Masehi.
Setelah tiang pertama dipancangkan selesai shalat subuh 8 agustus 1351 Masehi, baru bersama masyarakat secara bergotong-royong masjid itu dibangun dibawah komando Syeh Muhammad Husen Al Fanjari dengan menyembelih sati ekor kerbau, satu ekor kambing dan satu ayam jantan putih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masjid Tuo Pulo Kambing Tertua Di Aceh Selatan"