Berita Terbaru

Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word, Menambah dan Menghapus Kolom

Kluetrayanews.com - Tabel atau Table dalam bahasa Inggris digunakan untuk memudahkan seseorang dalam membuat daftar atau list tertentu, serta memudahkan pula pembaca dalam membaca datanya.

Nah, dalam cara membuat tabel di MS Word 2007, 2010 dan seterusnya ini anda tidak hanya belajar bagaimana cara bikinnya tapi juga cara mengelola dan mengatasi berbagai masalah yang mungkin timbul saat pengaturannya. Buat yang pemula kadang sangat kesulitan jika ada saja yang tidak sesuai dengan hasil latihannya, makanya di bawah Caraspot juga menyediakan kolom komentar agar bisa berkonsultasi dengan bebas.

Banyak sekali manfaat dari tabel dalam Microsoft Office ini, misalnya saja sebuah perusahaan punya banyak karyawan dengan gaji yang masing-masing berbeda, maka agar mudah dibaca datanya tidak dibuat dalam bentuk kalimat apalagi paragraf karena akan sulit mencari data tertentu di dalamnya. Akan tetapi, dengan dibuat dalam bentuk tabel, misal kolom pertama berisi nomor, kedua nama karyawan, ketiga besaran gaji bulanan, ketiga jabatan dan sebagainya, maka orang yang membaca tabel tersebut akan dengan mudah memahaminya.

Sebenarnya hanya ada 3 langkah untuk menyelesaikan pekerjaan mudah seperti ini, dan yang susah sebenarnya hanya mengisi datanya saja, apalagi jika harus membuatnya berlembar-lembar. Tentu akan butuh waktu semalaman untuk menyelesaikannya. Berikut prosesnya:

1. Klik Insert di bagian menu Bar (menu deretan kedua)

2. Klik icon “Table” di deretan ke empat.


3. (perhatikan gambar di atas) Lewatkan kursor di bagian atas kolom-kolom kecil yang muncul (tapi jangan diklik). Tarik ke samping untuk menambah kolom atau tarik ke bawah untuk menambah baris, tapi jangan di klik dulu. Setelah jumlah kolom dan barisnya sudah sesuai dengan yang diinginkan, maka barulah diklik. Sampai disini anda sudah berhasil membuatnya, tinggal lanjut ke pengaturannya di bawah.

Mengatur Lebar Tabel dan Bagian Lainnya

Lebar tabel maksudnya di sini adalah kolom dan barisnya. Jika kita mau melakukannnya secara manual dan hanya pada beberapa saja maka cara ini dilakukan, kecuali jika ingin melakukan pengaturan massal maka lain lagi caranya.

1. Pertama, bawa atau angkat kursor tepat di atas garis hingga muncul tanda seperti tanda panah yang saling bertolak belakang, seperti gambar di bawah:

 2. Setelah tanda di atas muncul barulah klik sekali dan tahan sambil digeser ke samping untuk kolomnya atau geser ke bawah jika barisnya yang mau dibuat lebih lebar atau lebih sempit, tapi penempatan kursornya awalnya harus di atas garis baris, bukan garis kolom.
 
Adapun cara lain mengatur lebar kolomnya adalah dengan cara :

1. Blok dulu kolom yang mau dirubah. Cara bloknya dengan mengarahkan kursor di atas kolom hingga muncul tanda panah hitam kecil, lalu klik hingga tampak biru bagian dalam kolomnya, seperti gambar di bawah :


2. Setelah tampak biru seperti di atas (atau kursor ada dalam kolom) , selanjutnya klik “Table Tools” lalu pilih menu “Layout” (dan berikutnya tinggal isi angka pada “Height” untuk tinggi barisnya dan “Width” untuk lebar kolomnya. (Ingat! Menu ini baru akan muncul kalau kamu blok tabelnya tau menempatkan kursornya dalam tabel. Letaknya di paling kanan dari deretan menu Home). Perhatikan gambanya:

Masalah yang sering timbul saat mengelola Table

Saat membuat tabel ada saja persoalan yang timbul, mulai dari tulisan yang tidak bisa center, posisi tabel yang tidak bisa dipindah dan masih banyak lagi yang kadang membuat kita tidak puas dengan hasil akhirnya. Berikut solusinya.
 
 Tulisan dalam baris atau kolom tidak bisa rata tengah : Untuk masalah seperti ini maka sebaiknya saat pertama kali menulis dalam tabel jangan diatur dulu letaknya, apakah itu tengah, kiri atau kanan. 

Biarkan semua selesai dulu baru di-edit, karena jika tidak, terkadang selanjutnya sulit ditata. Adapun caranya cukup blok semua bagian yang akan diatur lalu klik kanan dan pada “Cell Alignment” tinggal pilih posisi yang diinginkan.

Bagaimana cara menambah baris? – Caranya mudah sekali, klik di bagian pojok kanan tabel atau pada sebelah kanan luar baris terakhir lalu tekan ‘Enter‘. Maka secara otomatis barisnya akan bertambah dan jumlah kolomnya menyesuaikan dengan yang di atasnya. Atau bisa juga dengan cara letakkan dulu kursor di baris terakhir atau pada baris yang ingin disisipi baris baru kemudian klik kanan lalu pilih ‘Insert’ >>’ Insert Rows Below.

 Menambah kolom – Sama dengan di atas, yaitu klik pada kolomnya dulu lalu klik kanan dan pilih Insert >> Insert Colums to the left (untuk menambah kolom di samping kiri) atau Insert Colums to the right (menambah kolom di samping kanan).

Menghapus kolom atau baris – Caranya sama dengan kalau menambah hanya saja kita pilih menu delete. Pertama letakkan dulu kursor di kolom yang akan dihapus lalu klik kanan dan pilih ‘Delete Cells‘ lalu pilih salah satunya, yakni Delete Entire Row (menghapus baris yang diblok) atau Delete entire Colum (menghapus kolom yang diblok).
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Tabel Pada Microsoft Word, Menambah dan Menghapus Kolom"