Berita Terbaru

RS Pertamedika Banda Aceh Gratiskan Operasi Katarak, Hernia, dan Bibir Sumbing

Kluet Raya News - Aceh / Menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) pertamanya pada tanggal 22 bulan ini, Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati (RSPUR) akan melaksanakan bakti sosial berupa operasi gratis bagi penderita katarak, hernia, dan bibir sumbing.

Operasi tersebut dilaksanakan pada 17 Desember 2016 di RSPUR dan Rumah Sakit Kesdam Iskandar Muda (IM) Banda Aceh.


“Dalam pelaksanaan bakti sosial ini alhamdulillah kita disupport Kodam, Dinas Kesehatan, dan pemda setempat untuk melayani masyarakat yang membutuhkan operasi," kata Direktur RSPUR, dr Rahmad MARS kepada Serambinews.com di Banda Aceh, Sabtu (10/12/2016) pagi.


Menurut dr Rahmad MARS, pendaftaran bagi yang ingin dioperasi gratis telah dibuka sejak 24 November lalu hingga 12 Desember 2016, dengan melibatkan dukungan puskesmas serta para koramil di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar.


Dokter Rahmad menambahkan, pendaftar dengan penderita katarak yang mendaftar di puskesmas, akan discreening awal oleh ahli medis yang berada di puskesmas di wilayah Banda Aceh maupun Aceh Besar.


Kemudian  diperiksa lebih lanjut oleh dokter mata RSPUR.


Setelah pasien lolos screening dan pemeriksaan, maka akan langsung dilakukan operasi. Bagi penderita katarak, operasi akan dilaksanakan di RSPUR Banda Aceh, sedangkan penderita hernia dan bibir sumbing, operasi akan dilaksanakan di RS Kesdam.


“Hingga saat ini sudah terkumpul beberapa nama yang telah ikut mendaftar untuk melakukan operasi. Tadinya kita batasi hanya pendaftar yang berdomisili di Banda Aceh dan Aceh Besar saja yang akan kita layani. Tapi, akhirnya kita sepakati untuk menerima pasien di luar wilayah yang telah disebutkan, selama peserta tidak terkendala dalam hal transportasi dan penginapan,” kata dr Rahmat didampingi Kepala Humas RSPUR, Siti Sarah M Ikom.


Untuk informasi lebih lanjut bagi penderita katarak, kata Sarah, dapat mendaftar melalui dr Dede di 085211933732, sedangkan penderita hernia dan bibir sumbing dapat menghubungi Letkol Agus di 085277910499.

Atau dapat pula mendaftar di puskesmas ataupun koramil di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar. Syaratnya adalah dengan membawa fotokopi KTP dan kartu keluarga (KK), dan akta kelahiran (jika belum memiliki KTP dan KK).


Atau dapat juga langsung datang ke RSPUR di Jalan Sekolah, Desa Labui, Gampong Ateuk Pahlawan, Banda Aceh. 


Pada dasarnya, jelas Sarah, program ini adalah salah satu program tanggung jawab sosial pengembangan masyarakat oleh Pertamina (Persero) dalam bidang kesehatan.


Pelaksanaan ini dipercayakan kepada Pertamedika sebagai anak perusahaan Pertamina yang fokus pada bidang kesehatan.


Pertamedika melaksanakan kegiatan bakti sosial ini sepanjang tahun dengan melibatkan unit-unit usaha yang ada.


Dikarenakan di Aceh unit usaha pertamedika adalah Rumah Sakit Pertamedika Ummi Rosnati, maka RSPUR dipercayakan untuk melaksanakan kegiatan ini, menjelang HUT pertama RSPUR pada 22 Desember ini serta HUT Ke-60 Kodam IM.


RS Pertamedika Ummi Rosnati adalah rumah sakit kerja sama operasional (KSO) antara Pertamina Bina Medika (Pertamedika) dan PT Rosnati. Di awal operasionalnya, rumah sakit yang belum menginjak usia satu ahun ini telah melayani peserta JKN-KIS/BPJS kesehatan.

Sumber : aceh.tribunnews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RS Pertamedika Banda Aceh Gratiskan Operasi Katarak, Hernia, dan Bibir Sumbing"