Saturday, February 4, 2017

Sumur Panas Bumi Jaboi, Sabang Mulai Dieksplorasi

Kluetrayanews.com, SABANG -  Plt Wali Sabang, Zulkifli HS resmikan pengeboran Sumur Panas Bumi Sabang di  Gampong Jaboi, Kecamatan Sukajaya, Jumat (3/2/2017).  Berdasarkan hasil survey tim badan geologi pada tahun 2005 lalu, potensi panas bumi ini berkisar 50 MW.

“Panas bumi Sabang-Jaboi sangat potensial menjadi salah satu energi alternatif yang dapat dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat Sabang,” kata Plt Wali KSabang, Zulkifli HS.

Rencana pemanfaatan potensi panas bumi Jaboi ini, katanya, telah melalui proses yang panjang  hingga akhirnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menerbitkan wilayah kerja pertambangan (WKP) untuk eksplorasi Panas Bumi Jaboi Sabang.   

Luas areal eksplorasi panas bumi Jaboi mencapai 6.898 hektare dengan 42 titik koordinat penambangan. Pengelolaan dilakukan PT Sabang Geotermal Energi (SGE) selaku pemenang lelang. 

“Semoga dengan adanya ketersediaan tenaga listrik yang memadai di Kota Sabang maka akan semakin meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Sabang ke depannya. Peran masyarakat Sabang khususnya masyarakat yang ada di wilayah kerja pertambangan agar dapat bekerja sama dan mendukung sepenuhnya pelaksanaan pengelolaan dan pemanfaatan potensi panas bumi ini,” katanya.

Sumber : goaceh.com

No comments:
Write komentar