Berita Terbaru

Silang Pendapat Para Sejarawan Tentang Asal-Usul Etnis Kluet (Kluwat)

Kluetrayanews.com - Ada beberapa versi pendapat tentang siapa sesungguhnya nenek moyang dari etnis Kluet, ada yang mengatakan bahwa orang-orang kluet (kak kluwat) berasal dari kerajaan Aceh.


Alasannya pada saat timbulnya suatu kekacauan dikerajaan di Aceh sana (Kerajaan Samudra Pasai dll, termasuk kerajaan Aceh sendiri dibawah kekuasaan Sultan Iskandar Muda dan keturunannya.

Kemudian pada suatu ketika ya sekitar abad 8,9,10-12 lah (gak ada referensi pasti) dimana saat itu terjadinya perebutan kekuasaan antara para pembesar kerajaan ditambah lagi merajalelanya kemaksiatan dimana2 nafsu dunia dan segala kemewahannya telah memabukan masyarkatnya.

Sehinga jauh dari nilai agama, lalu banyak dari para agamawan dan para sufi keluar dari kerajaan dan mencari tempat-tempat tenang dan jauh dari pengaruh duniawi dan nafsu kekuasaan tadi.

Maka beberapa dari mereka sampai ketanah Kluet, dari mereka inilah kemudian berkembang biak keturunan yang bernama Kluwat atau akrap di sapa sekarang Kluet.

Kemudian kisah ini merupakan hasil perkawinan silang dengan berbagai etnis lain yg datang ke daerah Kluet.

Mereka ada yang dari suku batak, alas, gayo, minang dan lain-lainnya. Bahkan dari suku Aceh sendiri yang datang besar-besaran pada saat perang Aceh berkecamuk! .

Mmh...masuk akalkan?

Namun ada lagi versi lain, dimana orang2 Kluet sebenarnya bersal dari suku batak yang ada di Sumatra Utara provinsi sebelah, yang berpencar kewilah Aceh (sekarang).

Demi mencari penghidupan yang baru, hal ini awalnya juga lebih kurang sama dengan versi pertama, terjadinya kekacauan disebuah kerajaan dibatak sana dimana adanya perebutan kekuasaan dari para keturunan raja pasca meninggalnya sang ayah (Raja) degan alasan tertentu.

Mungkin karena kalah atau malu dalam sebuah pertarungan, lalu raja Enggang memutuskan untuk mininggalkan kerajaan, dan akhirnya ketanah Kluetlah sikalah ini berlabuh (nyasar).

Peristiwa ini terjadi jauh sebelum orang-orang dari kerajaan Aceh dan suku-suku lain tadi masuk, karna itu dalam hal ini menunjukan bahwa nenek moyang suku kluet yang sesungguhnya berarti Suku Batak (pinem, selian dan pelis)!.

Cerita ini penulis yakin belum sempurna tentang kisah dan sejarah kluet yang sesungguhnya. Maka dari itu, penulis harap masukan dari para pembaca www.kluetrayanews.com.

Kisah di atas penulis kutip dari lama fan page facebook https://www.facebook.com/Kluet-dalam-Bayang-bayang-Sejarah-459692104197076/?fref=nf.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Silang Pendapat Para Sejarawan Tentang Asal-Usul Etnis Kluet (Kluwat)"