Tuesday, June 6, 2017

Juice Buah Nipah Semakin Populer dan Diminati di Banda Aceh

Kluetrayanews.com, Banda Aceh - Pada Bulan ini Allah menurunkan rahmat-Nya melalui Ramadhan. Dimana kita dapat mendapatkan pahala, rahmat, hidayah dan ampunan-Nya. Dan Juga merupakan bulan yang melipat gandakan pahala.

Ramadhan kali ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yang paling menarik bagi para pedagang terutama kuliner untuk berjualan.

Faktor utama yang menjadi motivasi para pedagang adalah tingginya jumlah permintaan dari masyarakat untuk makanan dan minuman sehat saat berbuka puasa. Namun, tentunya tidak semua makanan dan minuman menarik pembeli, tentunya sajian makanan atau minuman yang lezat, menggugah selera, segar, harga terjangkau, dan baik bagi kesehatan akan lebih menarik perhatian para pembeli.

Masrial, salah satu pedagang yang dikunjungi kluetrayanews.com, Selasa (05/06/2017) terlihat sedang menjual dagangannya. Pedagang satu ini terlihat menjual minuman khas yang tampil beda yaitu juice buah nipah.

Masrial menjelaskan,  Juice buah nipah yang menjadi produk spesial nya tersebut diambil langsung dari buah nipah yang ada di kecamatan Aceh Selatan dan beberapa tempat yang ada di banda aceh. 


Juice nipah baru pertama kali populer di Aceh Selatan tepatnya di pasie lembang Kluet Selatan, kemudian baru merambah ke caffe atau tempat-tempat wisata yang ada di aceh selatan sudah menyediakan menu spesial juice buah nipah.


Dengar-dengar kata nipah, buah apaan sih ini....? simak penjelasan berikut ini.

“Buah Nipah adalah sejenis palem yang tumbuh subur pada daerah payau yang dipengaruhi pasang surut, khususnya di muara sungai dan di belakang hutan bakau.

Tanaman ini tumbuh berumpun dengan batang yang sangat pendek, yang dapat menjadi benteng bagi air tawar terhadap air laut. Adanya tanaman nipah juga dapat mencegah adanya abrasi dan kerusakan tanah. Kegunaan daun nipah tersebut bisa menjadi rokok biasa orang aceh menyebutnya rukok oen. 


Menurut Alfi selaku penjual juga, juice nipah selain segar dan nikmat bisa juga untuk disajikan sebagai minuman berbuka puasa, buah nipah ini juga memiliki khasiat sebagai obat melancarkan peredaran darah.

“Menurut penelitian buat nipah mengandung antioksidan yang dapat memperlambat berkembangnya sel kanker dalam jaringan tubuh serta membunuh racun berbahaya yang tidak dapat dikonsumsi oleh tubuh. Bahkan katanya manfaat buah nipah yang kaya akan antioksidan zat pembunuh sel kangker,”ujar Alfi. 


“Cara pengelolaannya sangat sederhana, yaitu dengan membelah buah nipah tersebut kemudian mengambil sari nipah tersebut lalu diblender hingga halus, ditambahkan susu, dan gula secukupnya serta tambahkan es batu dan sirup sesuai selera kalau mau bisa tambahkan jeruk nipis secukupnya, jadi deh just nipah,”Alfi dan Masrial.

untuk satu plastik juice buah nipah dijual dengan harga terjangkau yaitu Rp. 8000,-.


“Alhamdulillah, juice buah nipah telah hadir untuk pertama kali di Banda Aceh. Ini salah satu kekayaan alam Aceh Selatan disektor kuliner yang sengaja kita eksplore di ibu kota provinsi Aceh. Juice buah nipah.

Kalau anda berminat bisa kunjungi langsung pusat penjualan juice nipah di Jl. Soekarno Hatta No. 167-168 Mibo, Banda Aceh, Aceh - Indonesia. Tepatnya beradi depan kantor partai DPP PD Aceh.

“Juice nipah harus menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten Aceh Selatan untuk dikemas dan dipasarkan lebih moderen. Kita bisa saja membuat label produk ini bahwa juice ini khas asal Aceh Selatan,” pungkasnya.

No comments:
Write komentar