Berita Terbaru

SMA 1 Kluet Utara Dari Sekolah Buangan Menjadi Sekolah Pavorit

Kluetrayanews.com, Kluet Utara - Sekolah Menengah Atas (disingkat SMA; bahasa Inggris: Senior High School atau High School), adalah jenjang pendidikan menengah pada pendidikan formal di Indonesia setelah lulus Sekolah Menengah Pertama (atau sederajat). Sekolah menengah atas ditempuh dalam waktu 3 tahun, mulai dari kelas 10 sampai kelas 12.

SMA 1 Kluet Utara adalah salah satu sekolah di Aceh Selatan berada di Gampong Kotafajar Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan. Sejarah singkat SMA 1 Kluet Utara dengan segala pertimbangan terkadang dihapus konsep yang sudah ditulis, pertimbangkan juga manfaat dari tulisan ini, hari ini tergerak lagi hati ini untuk menulis.

Mengenang jasa tapi hanya sebuah nastolgia dan catatan hidup saya sehingga kenangan dan pengalaman saya ini ada manfaatnya pada saya dan bagi pembaca. Kembali ke Laptop.  '' Pungkas Abidinsya.

Abidinsyah yang juga pernah menjabat kepala SMA 1 Kluet Utara Kotafajar di era tahun 1982-1986. SMA Negeri 1 Kluet Utara yang saat ini menjadi parovit di walayah Kluet semula merupakan sekolah buangan, karena siswanya diperoleh dari buangan dari ampas-ampas buangan dari seleksi SPG Negeri Tapaktuan, buangan dari SMA Negeri Kandang yang sekarang menjadi SMA Negeri 1 Kluet Selatan. 


Tempat belajar juga sangat sederhana bertempat di gedung pertemuan kantor camat lama (Kantor UPTD wilayah Kluet). Tak perlu disangkal tentu juga jam belajar tidak menentu, terkadang seharian siswanya tidak mendapat pelajaran apa pulang kerumahnya tanpa ada oleh-oleh dari pihak sekolah.

Sekolah ini didirikan pada tahun pelajaran 1981/1982 atas prakarsa Bpk Mahmud, Ths, BA selaku Camat Kluet Utara, beliau sangat antusias mendirikan SMA ini dengan kesederhanaannya.

Adapun Kepala Sekolah yang ditunjuk adalah Bpk. H. Idris Adami, tapi karena kesibukan beliau tidak sempat mengurus pelaksanaan Proses belajar, beliau menjadi karakter kepala sekolah selama satu semister, selanjutnya oleh Bpk Camat ditunjuklah alm. Zainal Sekwilcam Kluet Utara, lagi-lagi karena tugas pokok beliau proses belajar tidak tertangani secara baik. 


Setelah saya di wisuda bulan September 1982 pak camat Mahmud "menjemput" saya ke Banda Aceh dan saya bersedia berhenti dari PNS guru SD 46 Banda Aceh dengan segala resiko kepegawaian. '' Ungkap Abidinsyah Kepada Kluetrayanews,com.

Langkah yang saya ambil adalah menghubungi guru SMP Kotafajar dan guru SMA Kandang dan mulailah belajar secara aktif, rumus yang saya anut adalah "pokoknya siswa dikurung dalam kelas dan tidak boleh ada siswa diluar kelas pada jam belajar". 

Rupanya kiat ini mendapat perhatian masyarakat sekeliling bahwa siswa sangat tertib dalam belajar, pada tahun 1985 itu akibat minat orang tua siswa sungguh luar biasa dari kelas 2 hanya 32 orang menjadi 112 orang sehingga tidak ada ruang belajar, ujung-ujungnya terpaksa dipinjam ruang kelas SD 1 Kotafajar.

Pada tahun 1984 mulai siswa mengikuti EBTANAS dan yang lulus terbaik adalah Ahmad Zaitun yang sekarang menjadi Guru Matematika SMA Kluet Tengah. (Mf saya tidak menulis semua siswa lulusan pertama ini karena sempitnya ruang penulisan bukan saya melupakan mereka)

Ada kesan tersendiri yaitu prestasi siswa yaitu 4 orang mendapat lulus PMDK sehingga menjadi perhatian masyarakat waktu itu SMA Kandang hanya 2 orang yang mendapat PMDK.

Dengan penambahan guru yang baru lulus yaitu; alm. H. Zainal, Drs. Ali Sarjan, Drs. Samidan, Drs. Nyakmin Abti, semakin bersemangat dalam pembinaan pembelajaran.

Akhirnya pada tahun 1986 SMA Negeri 1 Kluet Utara diresmikan oleh Ka. Kanwil Dikbud Prov. Aceh Bpk. Drs. Mochtar Djalal dengan Kepala Sekolah bpk Anwar Djakfar, BA. Alhamdulillah seiring dengan kemajuan zaman SMA ini sudah menjadi besar dan semakin Pavorit di Kluet.

Saran dari penulis, melihat perkembangan sekarang perlu adanya penempatan kelas khusus untuk menyerap siswa yang berprestasi ditempatkan dalam kelas khusus tanpa menyebut kelas unggulan sehingga tidak menjadi perebutan dari calon siswa ataupun orang tua siswa.

Fropil : Abidinsya


Drs. H. Abidinsyah
TTL : Lawesawah 08-03-1951
Jenis kelamin : Laki-laki
Alamat : Jalan Duku no 161 Gampong Arafah Kecamatan Samadua
Pekerjaan : Pensiunan PNS

Pendidikan :
1. MIN Lawesawah (1965)
2. MTsN Suaq Bakong (1969)
3. PGA 4 tahun Tapaktuan (1970)
4. PGAN 6 tahun Tapaktuan  (1974)
5. Sarjana Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) 1982.

Pengalaman :
1. Kepala SMA S Kotafajar (1982-1986)
2. Staf Dikdas Kandepdikbud Aceh Selatan (1986-1989)
3. Kasubag TU Kandepdikbud Dikbud Aceh Selatan (1989-1994)
3. Jadi Dikdas Kandepdikbud Dikbud Aceh Selatan (1994-2001)
4. Wakadis Dikpora Kab. Aceh Selatan (2001-2007) sd pensiun 2007.

Organisasi :
1. PII 1970-1972
2. HMI 1977-1982
3. BEPKADA Golkar 1987-1998

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMA 1 Kluet Utara Dari Sekolah Buangan Menjadi Sekolah Pavorit"