Berita Terbaru

OBJEK WISATA ACEH - Pulau Banyak Aceh Singkil

Kluetrayanews.com - Jika Anda sedang mencari pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih & masih sepi, maka Kepulauan Banyak adalah jawabannya.

Kepulauan Banyak adalah gugusan 99 buah pulau kecil dengan luas wilayah yang mencapai 27.196 Ha. Baik Anda berlibur sendirian, bersama teman-teman, keluarga, atau pun pasangan, Kepulauan Banyak menawarkan banyak pantai cantik dan laut jernih untuk Anda nikmati.

1. Transportasi

Kepulauan Banyak terletak di bagian selatan dari Provinsi Aceh dan masuk dalam Kabupaten Aceh Singkil. Namun demikian Anda justru akan lebih cepat sampai ke tempat ini melalui Medan. Dari Bandar Udara Internasional Kuala Namu, Anda harus menuju ke pusat kota Medan, naik travel ke Aceh Singkil (8 jam perjalanan), ojek atau angkutan umum ke Pelabuhan Jembatan Tinggi, lalu kapal tradisional atau feri ke Kepulauan Banyak yang beroperasi setiap hari Senin, Kamis, dan Jumat.

2. Akomodasi

Di kepulauan ini terdapat beberapa pilihan tempat tinggal, terutama di Pulau Balai yang merupakan ibu kota kecamatannya. Salah satu penginapan yang cukup terkenal adalah Losmen Putri yang beralamat di Jl. Iskandar Muda.

Jika Anda ingin merasakan suasana yang lebih private, Anda bisa menginap di Lyla Bungalow di Pulau Palambak Besar dengan tarif per malam sekitar Rp100.000,00. Namun demikian, tak sedikit juga pengunjung yang membawa tenda untuk menginap di salah satu pulau yang tak berpenghuni.

3. Aktivitas

Penggemar wisata bahari akan gembira begitu menginjakkan kakinya di sini. Terdapat beberapa titik penyelaman, di antaranya adalah Pulau Tallani, Rago-rago, Matahari, Pabisi, dan Sikandang. Rata-rata perairan di sini berkarang dan memiliki air jernih sehingga Anda sudah dapat melihat terumbu karang dari permukaan laut.

Sejumlah gugusan pulau pun tercatat memiliki ombak setinggi rata-rata 5-6 meter setiap satu menit sekali, terutama saat musim angin barat antara bulan April sampai Agustus. Area terbaik untuk berselancar terdapat di Pulau Bangkaru. Pulau ini juga menjadi pusat konservasi penyu hijau. Ingin bertualang mengayuh kayak? Pergi saja ke Pulau Palambak besar. Kayaking bisa dilakukan di bagian belakang pantai yang memiliki ombak lebih tenang.

3. Tips

Pastikan Anda membawa uang tunai yang cukup sebelum menyeberang ke Kepulauan Banyak mengingat di sini tidak terdapat ATM. Jika Anda memilih opsi untuk berkemah di salah satu pulau yang tidak berpenghuni, pastikan Anda membawa perbekalan makanan yang cukup. Apabila bertemu dengan Penyu Hijau maupun binatang laut lainnya, jangan mengusiknya apalagi mengejarnya hanya sekadar untuk berfoto.

Pastikan Anda tidak membuang sampah sembarangan atau pun menginjak dan memegang terumbu karang karena hal ini dapat merusaknya. Saat memesan tiket pulang dari Medan, pilihlah flight di atas jam 19.00 WIB agar Anda punya cukup waktu untuk menjelajah Kota Medan atau sekadar membeli oleh-oleh untuk sanak famili.

Sumber : www.skyscanner.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "OBJEK WISATA ACEH - Pulau Banyak Aceh Singkil"