Berita Terbaru

Peringatan Maulud Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1439 H/2017 Di Aceh Selatan

Kluetrayanews.com, Tapaktuan - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1439 H/2017 rutin dirayakan oleh masyarakat Aceh setiap tahun. Selain tradisi, perayaan Maulid juga kerap dijadikan ajang silaturahmi antargampong (kampung dalam bahasa Aceh).


Peringatan ini semoga bisa meneladani akhlaq dan kepemimpinan Nabi Besar Muhammad SAW kita wujudkan Masyaraka Aceh Selatan, tujuan ini untuk mengingatkan kembali pada kita bagaimana sikap, perkataan dan perbuatan Nabi yang harus kita jadikan sebagai suri tauladan yang baik sehingga nantinya kita dapat menjadi orang yang beriman kepeda Allah SWT, Kamis ,( 30/11 ) Pukul 09.00 Wib bertempat di Gampong masing-masing yang beradi di seluruh Aceh Khususnya di Aceh Selatan. 

Maulid Nabi jatuh pada hari Jumat tanggal 1 Desember 2017. Kata maulid dalam bahasa Arab berarti hari lahir dan Maulid Nabi adalah hari raya peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW. Umat Islam di berbagai negara merayakan Maulid Nabi setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. 

Di Indonesia Khususnya Aceh, perayaan Maulid Nabi dilakukan dengan tradisi yang berbeda di setiap daerah. Di daerah Aceh Selatan contohnya, perayaan Maulid Nabi dilakukan pihak masyarakat yang datang ke mesjid atau ke Meunasah. Pihak masyarakat menyiapkan makanan dan buah-buahan sebagai hidangan selesai acara maulid di lakukan., dan membagi-bagikan makanan dan buah-buahan kepada masyarakat yang hadir di lokasi acara.

Di Aceh Selatan, tradisi Keresan identik dengan perayaan Maulid Nabi. Dalam tradisi ini, warga masyarakat berlomba-untuk datang ke lokasi mesjid untuk menyaksikan secara bersama-sama proses zikir atau lebih di kenal Dalae.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW rutin dirayakan oleh masyarakat Aceh setiap tahun. Selain tradisi, perayaan Maulid juga kerap dijadikan ajang silaturahmi antargampong (kampung dalam bahasa Aceh).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peringatan Maulud Nabi Besar Muhammad SAW Tahun 1439 H/2017 Di Aceh Selatan"