Berita Terbaru

Semakin Luasnya Erosi di Kluet Utara Masyarakat Gampong Kedai Padang Terpaksa Pindahkan Kuburan

Kluetrayanews.com, KLUET RAYA - Erosi adalah peristiwa pengikisan padatan (sedimen, tanah, batuan, dll) akibat transportasi angin, air, es, hujan, pengaruh gravitasi atau akibat aktivitas makhluk hidup. Proses erosi dapat menyebabkan merosotnya produktivitas tanah dan daya dukung tanah.
Sebagian masyarakat mengalami erosi yang melanda Gampong Kedai Padang Kecamatan Kluet Utara Kabupaten Aceh Selatan kembali membawa duka. Pasca erosi sebanyak 12 Kuburan terpaksa dipindahkan oleh masyarakat, Senin 27/11/2017.

Menurut Alfarahman alias Agen yang juga mantan Panglima GAM wilayah Aceh Selatan, kejadian disebabkan karena erosi dan tebing sungai sudah memakan areal perkubaran masyarakat.

Kalau hari ini tidak dilakukan pemindahan bisa jadi nanti malam atau besok semua kuburan tersebut akan hilang dibawa arus sungai, pasalnya arus sungai yang semakin deras dan menghancurkan tebing-tebing pinggir sungai yang ada di wilayah kuburan tersebut “kata Agen.

Dia juga berharap kepada Pemkab Aceh Selatan dan Pemerintah Aceh segera mengambil kebijakan untuk menanggulangi bencana erosi dengan cara membangun tanggul menggunakan batu gajah di sepanjang bantaran sungai Gampong Keude Padang tersebut.

Masyarakat sangat mengharapkan ada tindakan nyata dari pemerintah menanggulangi bencana ini. Sebab jika sewaktu-waktu kembali terjadi banjir besar, keberadaan sejumlah rumah warga qwerty terancam akan ambruk ke dasar sungai akibat dihantam air “kata Agen.

Mengingat tidak lama lagi Aceh Selatan akan melaksanakan pilkada pemerintah sibuk dengan urusan kampanye karena ingin bertarung kembali di 2018 sehingga mengabaikan kewajiban sebagai pelayan masyarakat ”tutup Agen.

Sumber : http://rubernews.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Semakin Luasnya Erosi di Kluet Utara Masyarakat Gampong Kedai Padang Terpaksa Pindahkan Kuburan"