Erosi DAS di Gampong Lawe Sawah Kecamatan Kluet Timur Perlu Tanggapan Serius Dari Pemerintah Aceh dan Pusat

 


KLUETRAYANEWS.COM, KLUET TIMUR Mengingat erosi Daerah Aliran Sungai (DAS) terus menggerus perkampungan Gampong Lawe Sawah, Kecamatan Kluet Timur, Aceh Selatan, mengakibatkan warga disana menjadi resah.

Atas keresahan tersebut, warga disana mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi Aceh maupun Pusat, untuk dapat menanggapi dengan serius untuk membangun segera tanggul pengaman tanggul, katanya.

Sebab erosi di sepanjang DAS Krung Kluet sudah berlangsung lama, namun hingga kini belum mendapatkan tanggapan yang serius baik dari Pemerintah Provinsi Aceh maupun Pusat, ujarnya sejumlah masyarakat.

Sekarang persawahan masyarakat terus digerus air kedalam sungai, bahkan sekarang dengan perumahan pemukiman penduduk hanya tinggal beberapa meter lagi, sebutnya Amransyah salah seorang warga disana.

Amransyah menambahkan, kejadian itu sementara sudah dibantu oleh pihak BPBD Aceh Selatan dari dana tanggap darurat.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP dihubungi, Selasa (19/1/2021) melalui ponselnya, mengakui erosi DAS Krueng Kluet semain meluas, untuk sementara kita sudah berupaya dan berusaha secara tanggap darurat dengan menurunkan alat berat  berupa beco untuk  kita lakukan pemasangan baik batang kelapa maupun batang pinang mumpung selagi dapat terhindar dari gerusan banjir.

“Namun demikian, kita juga tidak tinggal diam terus berupaya agar tanggul batu gajah semoga dapat di perhatikan baik dari Pemerintah Provinsi Aceh  maupun Pemerintah Pusat yang nantinya dapat dibangun di daerah Aliran Sungai DAS Lawe Sawah,” paparnya. 

Sumber : realitasonline.id

Share on Google Plus

About Kluet Raya News

0 komentar: